TIM PENGGERAK PKK
KOTA PAREPARE
Beranda blog

PKK Peringati Hari Kesatuan

0

PAREPARE, — PKK Kota Parepare memperingati hari kesatuan gerak PKK ke 48 Kota Parepare, dengan menyungsung tema “Gerakan PKK untuk Indonesia Maju”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Balai Ainun, 20 Desember.

Ketua PKK Kota Parepare dalam sambutannya via virtual, Erna Rasyid Taufan Pawe mengatakan, agar melekatkan tema di hari kesatuan gerak PKK, dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

“Saya menginginkan agar PKK kembali pada ruhnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Ikut serta memajukan  dan mensejahterakan masyarakat yang berarti juga untuk kemajuan bangsa Indonesia,” katanya.

Wali Kota Parepare secara virtual, Taufan Pawe menyampaikan agar PKK tetap selalu bergerak untuk kemajuan bangsa utamanya Kota Parepare, walau dimasa pandemi saat ini.

“Saya minta kepada PKK sebagai partnert pemerintah, harus bergerak terus, tidak boleh diam dengan alasan kondisi masa pandemi. Kita memahami betul, kondisi saat ini, tetapi inovasi-inovasi harus selalu bergerak,” katanya.

Ketua panitia, pada kegiatan tersebut, Hj. Erni Erawati Kadir berharap tetap menjalankan kegiatan PKK dimasa pandemi saat ini, dan membantu pemerintah.

“Diharap kader-kader PKK yang ada di kelurahan dan kecematan bisa aktif dan membantu pemerintah, utamanya dalam covid saat ini. Tetapi tetap melakukan kegiatan walau dimasa pandemi ini saat ini,” imbuhnya.

Pada akhir kegiatan, Hj. St Amina Amin membacakan pemenang-pemenang pada lomba PKK. (UPI)

Ketua TP PKK Kota Parepare, ucapkan Hari Lingkungan Hidup

0

PAREPARE, PKK — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan ucapan selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun, 5 Juni.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran global terhadap perlindungan lingkungan alam.

Erna Rasyid Taufan mengatakan, seyogianya Hari Lingkungan Hidup yang diperingati hari ini, Sabtu, (5/6/2021) menjadi momentum bagi setiap manusia untuk lebih mencintai lingkungannya.

Tak perlu hal besar kata dia, dimulai dari hal kecil sebagai bentuk dalam meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan.

“Dalam hadis Rasulullah dikatakan, barang siapa menghidupkan tanah mati maka dengannya ia mendapat pahala dan apabila ada binatang liar memakan dari tanaman itu, maka dengannya ia mendapat pahala,” Erna Rasyid Taufan mengutip hadis yang diriwayatkan Ahmad.

Lanjut Erna, tumbuhan yang ditanam, lalu dirawat sehingga bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan makhluk lainnya, menjadi ladang pahala. “Itulah sebaik-baik kita memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati hari ini,” tutup Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare. (*)

Tindak Lanjuti Rumusan Rakerda, PKK Parepare Segera Bentuk PKK Remaja

0

MAKASSAR, PKK — Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Penggerak PKK se-Sulawesi Selatan berhasil merumuskan delapan program kerja (proker) yang akan diaplikasikan oleh semua PKK kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Dari delapan poin rumusan rakerda yang dihasilkan, satu di antaranya yakni menginisiasi terbentuknya PKK Remaja.

Ketua Tim Perumus Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX PKK Provinsi Sulsel, Hj. Suriani Kaso menyebutkan delapan rumusan rakerda, yaitu pertama, pengadaan buku pedoman hasil Rakerda IX tahun 2021-2024 tetap dicetak. Kedua, penggunaan papan nama oleh pengurus TP PKK kabupeten kota, sampai, tingkat desa, dan kelurahan. Ketiga, sosialisasi dan penyeragaman format data umum, dan data kegiatan Pokja I, II, III dan IV.

Keempat, tindak lanjut implementasi, sistem informasi manajemen PKK atau SIM PKK dengan melaksanakan studi tiru ke PKK DKI Jakarta. Kelima, struktur organisasi mengacu pada Rakernas IX 2021-2024. Keenam, pelaksanaan lomba terkait 10 program pokok PKK tingkat provinsi yang tetap mengacu pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, di samping tetap berpartisipasi di tingkat nasional beserta ketentuannya.

“Ketujuh, program unggulan tetap mengacu pada rencana induk dan strategi, TP PKK Pusat dan terakhir atau delapan, menginisiasi lahirnya PKK Remaja menjadi endro PKK di masa depan,” ujar dia menguraikan.

Dalam penutupan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49 dan Rakerda PKK Provinsi Sulsel, Plt Ketua PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina berharap kabupaten/ kota membangun komitmen dedikasi tinggi dan tanggap terhadap masalah daerah masing-masing.

“Sebagai mitra pemerintah, PKK kota/ kabupaten melahirkan program yang bersinergi dengan pusat dan provinsi. PKK adalah motor penggerak sebagaimana tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju,” pesan Naoemi.

Terkait rumusan rakerda dalam menginisiasi PKK remaja, pihaknya berharap dengan program itu menjadi ajang edukasi dan solusi anak-anak dan remaja tidak terjerumus pada hal-hal negatif sebagai penerima tongkat estafet.

“Kabupaten/kota harus selalu berinovasi mengatasi anak-anak ketergantungan dengan gadget. Itu yang hrus kita cari solusinya, dalam pola asuh dan remaja. Semoga dengan rumusan rakerda bisa menjawab semua permasalahan kita dan ditindaklanjuti oleh daerah,” harap Naoemi.

Sementara, PKK Parepare yang diketuai Hj Erna Rasyid Taufan melalui Wakil Sekretaris Andi Wisna yang diamanahkan mengikuti Rakerda itu mengatakan, hasil dari Rakerda nantinya akan dibawa ke tingkat Kabupaten Kota, untuk disosialisasikan.

“Usai dari sini, akan diadakan juga sosialisasi. Rumusan hasil Rakerda akan disampaikan ke tingkat kota dan tingkat kecamatan,” ujar Andi Wisna, Jumat, (4/6/2021).

Senada, Pengurus TP PKK Kota Parepare, Pokja IV, Sriyanti Ambar yang juga Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) mengatakan, hasil Rakerda akan diteruskan ke Kota Parepare.

“Yang menarik dari rumusan hasil rakerda PKK adalah menginisiasi terbentuknya PKK remaja. Sebagaimana kita ketahui Ketua PKK Kota Parepare, Ibu Hj Erna Rasyid Taufan sangat intens dalam persoalan anak dan remaja. Berbagai program beliau inisiasi, termasuk bagaimana memperhatikan anak-anak di pasar yang kesehariannya sebagai buruh pasar agar mereka dibina baca tulis alquran dan mengisi waktu luang dengan hal-hal bermanfaat. Demikian juga dukungan Bapak Wali Kota, bahkan di Parepare ada musrenbang anak. Itu semua bukti bahwa Parepare jauh-jauh sebelumnya sangat memperhatikan kondisi anak dan remaja ,” urai Sriyanti Ambar.

HKG ke-49 dan rakerda yang diikuti seluruh Ketua TP PKK se-Sulsel ini digelar di Hotel Four Point by Sheraton, Jl Andi Djemma Kota Makassar, 2-4 Juni 2021. (*)

TP PKK Parepare, siap Tindak Lanjuti Hasil Rakerda IX

0

MAKASSAR, PKK— Ketua Tim Perumus, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX, Hj. Suriani Kaso, di malam penutupan membacakan hasil Rapat kerja, didepan pengurus TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Kota, di Hotel Fourpoint by Sheraton, Jl Andi Djemma Kota Makassar, Kamis 3 Juni 2021, malam.

Hasil perumusan tersebut terdapat delapan poin yang dibacakan. Yakni,
Pertama, pengadaan buku pedoman, hasil Rakerda IX tahun 2021-2024 tetap dicetak. Kedua, penggunaan papan nama oleh pengurus TP  PKK kabupeten kota, sampai, tingkat desa, dan kelurahan. Tiga sosialisasi dan penyeragaman format data umum, dan data kegaiatan Pokja I, II, III dan IV.
Empat, tindak Lanjut implementasi, Sistem Informasi Manajemen PKK atau SIM PKK, dengan melaksanakan study tiru ke Pkk DKI Jakarta. Lima struktur organisasi mengacu pada Rakernas IX 2021 – 2024. Enam, lomba, terkait 10 program pokok PKK tingkat provinsi, tetap mengacu pada pelaksnaan tahun sebelumnya, disamping tetap berpartisipasi di tingkat nasional beserta ketentuannya. Tujuh, program unggulan tetap mengacu pada rencana induk dan strategi, TP PKK Pusat. Delapan, menginisiasi lahirnya PKK Remaja.

“Dilaksanakan study tiru, oleh Para sekertaris Kabupaten Kota, ditambah tenaga operator, untuk mengikuti SIM PKK, apabila ibu PLT, TP Prov PKK Menyetujui. Semoga Covid, pulang kampung, dan para sekertaris bisa melaksanakna Studi Tiru, untuk meningkatkan SDM, TP PKK Kabupaten Kota, sebagai garda terdepan di lapangan, untuk melaksnakan, 10 program pokok pkk,” ucap Hj Suriani Kaso, juga selaku sekretaris TP PKK Palopo.

TP PKK Parepare, yang diketuai Hj Erna Rasyid Taufan, melalui wakil sekretaris TP PKK Kota, Andi Wisna, mengikuti Rakerda, mengatakan hasil dari Rakerda nantinya akan dibawa ke tingkat Kabupaten Kota, untuk disosialisasikan.

“Usai dari sini, akan diadakan juga sosialisasi, hasil Raker disini akan disampaikan ke tingkat kota dan tingkat kecamatan,” katanya.

Senada Pengurus TP PKK Kota Parepare, Pokja IV, Sriyanti Ambar, mengatakan, hasil Rakerda akan diteruskan ke Kota Parepare.

“Hasil perumusan Rakerda IX, akan diteruskan masing-masing pimpinan dan masing-masing Pokja,” pungkasnya.

Pada penutupan Rakerda diikuti, ketua Plt Ketua TP PKK Kota Parepare, Naoemi Octarina, dan tim ahli. (upi)

TP PKK Parepare, ikuti Rakerda IX

0

Makassar, PKK — TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, melaksanakan Rapat Kerja Daerah IX, dirangkaikan, Hari Kesatuan Gerak (HKG) 49 diadakan TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Fourpoint by Sheraton, Jl Andi Djemma Kota Makassar, Kamis 3 Juni 2021.

Rakerda IX diikuti oleh seluruh  TP PKK tingkat Kabupaten/ Kota Sulawesi Selatan. Salah satunya TP PKK Kota Parepare.

Rakerda TP PKK Provinsi dilaksanakan tiap lima tahun.

Tim Ahli Ekonomi, TP PKK Provinsi Sulsel, Hj. Kasmawati Paturusi, mengatakan
Rakerda merupakan penggarisan, kegiatan yang dilakukan lima tahun kedepan, sesuai dengan Rapat Kerja Nasional pada 8 Maret 2021 lalu.

Pada pelaksanaan Rakerda IX TP PKK Provinsi Sulsel, diikuti setiap Pokja kabupaten/ kota, melalui virtual.

Hal tersebut sesuai pelaksanaan, pembinaan dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja (Pokja). Dijabarkan, Pokja I, Mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila  dan Program Gotong Royong, membahas tentang pembinaan karakter. Pokja II, Mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Pokja III, mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga. Dan Pokja IV mengelola Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencnaan Sehat.

“Setiap daerah harus mematuhi rambu-rambu yang dijadikan pegangan, dan harus ada juga sesuai dengan hasil rencana induk, dan hasil Rakerda lima tahun. Sesuai dengan Pokja -pokja. Misalnya Pokja IV Stunting, Pokja I pembinaan karakter, kedua pola asuh anak, untuk membentuk suatu karakter keluarga ity, melalui pola asuh anak, kemudian bagaimana meningkatkan ekonomi, kemudian, bagaimana memfungsikan halaman pekarangan, dan sebagainya,” terangnya kepada Parepos usai memberikan materi di Rakerda IX.

TP PKK Parepare, hang diketuai Hj Erna Rasyid Taufan, melalui wakil sekretaris TP PKK Kota, Andi Wisna, mengikuti Rakerda, mengatakan hasil dari Rakerda nantinya akan dibawa ke tingkat Kabupaten Kota, untuk disosialisasikan.

“Usai dari sini, akan diadakan juga sosialisasi, hasil Raker disini akan disampaikan ke tingkat kota dan tingkat kecamatan,” pungkasnya. (upi)

TP PKK Parepare Raih Peringkat II Lomba Video di HKG-49

0

MAKASSAR, PKK-  Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)Kota Parepare, yang diketuai Hj. Erna Rasyid Taufan, berhasil meraih peringkat II, pada lomba pembuatan video Kegiatan PKK tahun 2020, dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke -49, yang diadakan TP PKK Provinsi Sulsel, di Hotel Fourpoint by Sheraton, Jl Andi Djemma Kota Makassar, Rabu, 2 Juni 2021.

Foto bersama, Plt Ketua Pkk Sulsel, Naoemi Octarina, bersama Ketua TP PKK Parepare, Hj. Erna Rasyid Taufan, dengan para Juara Lomba Video Kegiatan PKK Kabupaten / Kota,

Penghargaan diserahkan langsung Plt Ketua PKK Sulsel, Naoemi Octarina kepada Ketua PKK Parepare Hj Erna Rasyid Taufan di sela-sela pembukaan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan rapat kerja daerah PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih juara II pada lomba video kegiatan PKK tahun 2020. Dengan adanya lomba ini kita bisa intorpeksi diri, dan tentang bagaimana kita bersinergi.  Ini adalah buah dari kerja sama, kekompakan, dan solidaritas para pengurus PKK Parepare. Terima kasih saya ucapkan kepada semua pengurus, semoga menjadi pemicu semangat agar kita bisa lebih baik lagi,” ujar Erna Rasyid Taufan, Ketua Tim Penggerak PKK Parepare.

Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj. Erna rasyid Taufan, menghadiahkan buku karya Ny Erna, “Rahasia Alquran dan Umur 40 Tahun” kepada Plt Ketua TP PKK Prov Sulsel, Ny Naoemi Octarina.

Pada kegiatan tersebut, juga diadakan lomba Stand Pameran. Plt Ketua PKK Sulsel, Naoemi Octarina, membuka stand lameran secara simbolis dengan pemotongan pita. Ia juga menyempatkan singgah di stand pameran karya binaan TP PKK Kota Parepare, melihat sejumlah produk lokal UMKM binaannya. Produk kerang-kerangan menjadi daya tarik, mulai dari gantungan kunci, tempat tisu, tempat hand sanitizer, vas bunga, hingga baju etnik Islami karya Erna Taufan semuanya menonjolkan limbah kerang yang telah disulap menarik dan layak jual.

Naoemi terlihat bercengkrama bersama Erna Rasyid Taufan. Ia juga terlihat banyak menanyakan soalan baju yang didesain Pembina Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) Itu.

“Parepare kreasinya masya Allah. Bajunya didesain sendiri oleh Ketua PKK Parepare sampai menulis buku pun ditulis sendiri. Ini sangat menginspirasi kita semua,” puji Naoemi.

Pada kesempatan itu, Ketua PKK Parepare, Erna Rasyid menghadiahkan buku “Rahasia Alquran dan Umur 40 Tahun” yang ditulisnya. Buku best seller nasional dengan ketebalan 336 halaman ini dihadiahkan kepada kepada Plt Ketua PKK Sulsel, Naoemi

Kegiatan HKG dibuka oleh Plt Gubernur Sulsel,  Andi Sudirman Sulaiman secara virtual. (upi)

Ketua TP PKK Parepare Ikuti HKG – 49

0

MAKASSAR, PKK — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)Kota Parepare, yang diketuai Hj. Erna Rasyid Taufan, mengikuti peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) – 49, dengan tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju, yang diselenggarakan TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Fourpoint by Sheraton, Jl Andi Djemma Kota Makassar, Rabu, 2 Juni 2021.

HKG dirangkaikan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Sulsel, oleh pengurus TP PKK 24 kabupaten kota Sulawesi Selatan. Tak hanya itu, pada HKG 49, juga dirangkaikan dengan lomba video, terkait program kegiatan PKK.

Plt TP PKK Sulsel Naoemi Octarina menerangkan PKK sebagai mitra pemerintah daerah, untuk menyukseskan program pemerintah yang memiliki efek langsung kepada masyarakat.

Ia mengajak kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintah, untuk mengikuti imbauan dari pemerintah untuk kemaslahatan bersama.

“Terutama Stunting, anak putus sekolah, lingkungan hidup, bagaimana kematian ibu hamil, dan bayi menurun, dan bagaimana ekonomi lebih baik di masa pandemi saat ini. ” ujar Naomi, usai pembukaan HKG 49.

Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, mengatakan, dalam membantu pemerintah dalam menangani stunting sebagai isu nasional, PKK Kota Parepare, rutin melaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di Kota Parepare.

“Kota Parepare, angka Stunting mulai menurun, yakni Agustus 2020 angka stunting mencapai 32,9%, turun hingga 23,8% pada February 2021. Ini adalah prestasi dan kerja keras dari PKK, dan pemerintah Kota,” jelas Hj Erna Rasyid Taufan kepada wartawan, di stand pameran Kota Parepare.

Pada kesempatan tersebut, melalui via video ketua TP PKK Pusat, Ny.Tri Tito Karnavian, mengatakan kepada segenap pengurus PKK, jangan menjadikan peringatan HKG sebagai acara seremonial saja. Ia mengingatkan agar melakukan mengikuti, kinerja oleh TP PKK Provinsi, Kabupaten / kota.

“Dalam program pemerintah, yang dijabarkan dalam 10 program pokok PKK. Diperlukan dari seluruh kader PKK ketulusan hati, untuk benar-benar bekerja yang berorentasi pada kesejahteraan keluarg,” ucapnya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melalui via video, membuka HKG -49. Pada videonya, ia mendukung, dan mengapresiasi, program PKK dalam membantu program pemberdayaan keluarga.

Giat melakukan sosialisasi, walau di tengah pandemi, tetap mematuhi protokol kesehatan.

“PKK Sulsel juga banyak berperan dalam penanganan stunting, gizi buruk, hingga membantu warga miskin atau prasejahtera. Karena investasi sebenarnya adalah, bagaimana membantu menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Andi Sudirman Sulaiman, melalui video. (upi)

Ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila, Erna Rasyid Taufan: Momentum Introspeksi dan Aktualisasikan Diri

0

PAREPARE, PKK– -Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, hari ini.

Momentum Hari Pancasila kata Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare itu merupakan ajang untuk mengintrospeksi dan mengaktualisasikan diri.

Introspeksi yang dimaksud Erna adalah meninjau atau mengoreksi kembali sikap atau perbuatan apakah telah berkesesuaian dengan nilai-nilai luhur yang tercantum dalam lima sila Pancasila.

Selanjutnya, aktualisasi. Nilai-nilai luhur Pancasila yang dimulai sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan payung dari empat sila lainnya yang harus diaktualisasikan sebagai pijakan dalam kehidupan.

“Jika aktualisasi sila pertama kita lemah, maka sila-sila lainnya sulit kita lakukan dengan baik. Olehnya itu Hari Lahir Pancasila yang diperingati hari ini mari kita jadikan momentum introspeksi dan mengaktualisasikan diri terhadap nilai-nilai luhur Pancasila,” pesan Erna Rasyid Taufan yang juga Ketua Forum Komunikasi Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) Parepare ini. (*)

PKK Parepare siap Ikuti HKG ke 49

0

PAREPARE, PKK — TP PKK Kota Parepare, yang diketuai Hj. Erna Rasyid Taufan, melaksanakan rapat persiapan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke – 49, di Balai Ainun Habibie, Senin 31 Mei 2021.

HKG akan dirangkaikan dengan lomba video, dan lomba pameran kerajinan PKK, serta rapat kerja PKK, di Makassar, 2 hingga 4 Juni mendatang.

Lomba-lomba diantaranya, pembuatan video kegiatan Pola Asuh Anak dan Remaja, Hatinya PKK, Penurunan Angka Stunting, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, dan Senam Lansia.

Wakil Sekretaris PKK Parepare selaku Koordinator pelaksanaan HKG, Andi Wisna, memastikan kepada pemgurus PKK yang mengikuti HKG ke – 49, persiapan pameran seperti produk UMKM Parepare, kerajinan dari kerang- kerangan, pakaian hasil kerajinan kota Parepare.

“Persiapannya telah lengkap semua, dan siap untuk melakukan lomba pameran di Makassar. Semuanya kita akan berangkat besok, dan kumpul di Rumah Jabatan Walikota Parepare,” kata Andi Wisna.

Pada rapat tersebut, dipandu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sriyanti Ambar, yang juga selaku pengurus Pokja IV PKK Kota Parepare. Tidak hanya itu, rapat persiapan HKG, juga diikuti pengurus PKK Kota Parepare. (upi)



PKK berikan Penyuluhan Stunting

0

PAREPARE, PKK — Pokja IV, TP PKK Kota Parepare menyelenggarakan Penyuluhan Pencegahan Stunting, di Balai Ainun Habibie, Senin 24 Mei 2021.

Penyuluhan dilaksanakan untuk meningkatkan pemehaman masyarakat tentang stunting. Stunting merupakan kondisi kronis, yang disebabkan kurangnya gizi dalam waktu cukup lama.

Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj. Erna Rasyid Taufan mengatakan kader PKK menjadi ujung tombak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting. Dikatakan tiap tahunnha Parepare tiap tahunnya angka stunting menurun, hingga kader PKK makin semangat dalam memberikan edukasi.

“Angka stunting di Kota Parepare tiap tahun menurun. Pada tahun 2013 itu angka stunting di Parepare yaitu 39, 6 %, alhamdulillah lima tahun kemudian didapat data bahwa sisa 23, 3 % itu menjadi penyemangat dari kader PKK giat di tengah msyarakat untuk memberikan pendidikan, sosialisasi tentang bahaya stunting ini,” kata Hj Erna melalui virtual.

Ketua Pokja IV, dr Reny Angreini Sari menyampaikan materi kepada kader PKK, mengingatkan kepada kader PKK, pencegahan stunting penting, karena terjadinya stunting bersamaan dengan proses terjadinya hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ lainnya termasuk otak.

“Artinya seorang menderita stunting, kemungkinan besar juga telah mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ lainnya,” kata dr. Reny.

Ia mengatakan, kader PKK sangat antusias menerima materi, sebagai perbaikan dan perlibatan diri derajat kesehatan masyarakat, utamanya dalam pencegahan stunting. Ia berharap kader PKK sebagai jembatan untuk membantu oemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan yang ada di Parepare. (upi)

Cari Bibit Penghapal Quran

0

PAREPARE, PKK — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Parepare, bersama Pemerintah kota Parepare melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), mengikuti kegiatan pembukaan seleksi Tilawatil Wuran dan Hadis secra virtual, Jumat, 7 Mei 2021.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Pemerintah, melalui biro Kesra Provinsi Sulawesi Selatan, bekerjsama TP PKK Sulsel, dan Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ), selama tiga hari, 7-8 Mei mendatang.

Pada pembukaan, dibuka secara virtual oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, hadir juga secara virtual Plt Ketua PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina, Ketua PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan Pawe. Hadir di ruang Pola Kota Parepare, Asisten 1, St Amina Amin, Wakil Ketua PKK Parepare, Erni Erawati Iwan, dan Pokja PKK Parepare

Kabag Kesra Parepre, Wahyuni Chalik mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan bulan Suci Ramadan. Dengan melakukan pembinaan anak usia dini dalam seleksi tilawatil Quran dan Hadis.

Di Kota Parepare, terdapat tujuh orang anak yang menjadi peserta seleksi penghapal Quran dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 20 juz, dan berusia mulai dari usia 12 tahun hingga 17 tahun. Dikatakan peserta merupakan seleksi dari LPTQ  Parepare.

“Intinya teknikal Plt intinya tujuannya dalam rangka menacri bibit penghapal Quran untuk tahfidz mulai 1 juz, 5 juz, 10, juz 20 juz, 30 juz, hafalan 50 hadis 100 hadisz, untuk jenjang lebih tinggi. Kalau peserta penghapal hadis di Parepare tidak ada. Untuk penghapal Quran, peserta yang diutus, yang tidak mendapatkan juara pada seleksi tilawatil quran ke 32 kemarin. Karena yang juara akan diutus ke STQH tingkat provinsi, di Sidrap pada bulan Juni mendatang,” katanya.

Teknis lomba, dikatakan, diadakan secara virtual. Giliran Kota Parepare pada hari Ahad, 9 Mei mendatang. Untuk pengumuman lomba juga diumukan di akhir kegiatan. (upi)